Selasa, 17 April 2012

0 Prinsip Seni Rupa


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

     Prinsip-prinsip seni rupa adalah pedoman yang dipakai untuk berkarya seni rupa. Prinsip-prinsip seni rupa adalah sebagai berikut

1. Keseimbangan (balance)
     Keseimbangan adalah kesan yang diperoleh dari suatu susunan yang diatur sedemikian rupa, sehingga mempunyai daya tarik yang sama pada tiap-tiap sisi susunan. Keseimbangan mempunyai dua kesan, yaitu karena adanya ukuran/bentuk dan karena adanya warna. Kesan yang diperoleh karena adanya ukuran/bentuk disebut keseimbangan bentuk. Sedangkan kesan yang diperoleh karena warna disebut keseimbangan warna.

     Apabila dilihat dari letak susunannya, keseimbangan terbagi menjadi empat jenis :

  • Keseimbangan Simetris, yaitu suatu keseimbangan di mana unsur-unsur garis, bentuk, bidang, ataupun warnannya terbagi dua sama besar.
  • Keseimbangan Asimetris, yaitu suatu keseimbangan di mana unsur-unsur garis, bentuk, bidang, ataupun warnanya tersusun bebas. keseimbangan ini dapat diperoleh melalui permainan bentuk dan warna.
  • Keseimbangan Sentral, yaitu suatu keseimbangan di mana unsur-unsur garis, bentuk, bidang, ataupun warnanya terpusat pada sebuah titik di suatu bidang.
  • Keseimbangan Diagonal, yaitu suatu keseimbangan di mana unsur-unsur garis, bentuk, bidang, ataupun warnanya mengarah diagonal.

0 komentar:

Posting Komentar